Sabtu, 28 Mei 2011

Latihan Menyusun Kata : Comparative dan Superlatives (3)

Alfaqih Warsono

Kalimat-kalimat di bawah menggunakan adjectives, namun susunannya masih acak. Silahkan susun kata-kata berikut menjadi kalimat yang padu (coherent).

1. Hana – beautiful – is – than – Jesica – more

Tips:

Pada susunan kata-kata di atas terdapat kata “than” yang berarti comparative (perbandingan 2 hal), lalu ditemukan kata “Hana” dan “Jesica” kedunya adalah nama orang. Adjective yang diberikan adalah “beautiful” yaitu adjective 2 suku kata atau lebih, tidak berkahir dengan “y”. aturannya gunakan kata “more” sebelum adjective-nya.

Jadi kalimat yang mungkin adalah : Hana is more beautiful than Jesica.

Atau Jesica is more beautiful than Hana. (Jesika lebih cantik dari pada Hana).

2. Indonesia – Bali – the – is – island – beautiful – in – most

Pada susunan kata-kata di atas terdapat kata “the” dan “most” dan tidak ditemukan kata “than” yang berarti kalimat ini berbentuk superlative (perbandingan llebih dari 2 hal), adjective yang diberikan adalah “beautiful”. Aturannya adalah tambahkan kata “most” sebelum adjective-nya. Ditemukan kata “in” (di) pada susunan kata di atas, sementara tidak ditemukan hal/subjek lain selain “Indonesia” dan “Bali”, dimana “Bali” ada di “Indonesia” . Jadi kalimat yang mungkin adalah : Bali is the most beautiful island in Indonesia. (Bali adalah pulau yang paling indah di Indonesia).

Kalimat itu akan tidak mungkin jika ditulis : Indonesia is the the most beautiful island in Bali.(?). Karena “Indonesia “ tidak mungkin bagian dari “Bali”.


Melihat Penjelasan Umum tentang Comparatives.

Melihat Latihan Soal (1) Comparatives

Melihat Latihan soal (2) Comparatives.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.