Jumat, 18 Januari 2013

PERBEDAAN DESKRIPTIVE TEXT DAN REPORT TEXT

Alfaqih Warsono

Sebelum berbicara tentang perbedaan, terlebih dahulu kita mengenal persamaan antara teks berbentuk Descriptive dan Report.

Jika dilihat dari generic structure-nya, kedua jenis teks tersebut memiliki persamaan dalam hal description (gambaran, bagian-bagian penjelasan sebuah topiknya)


 
Descriptive Text
Report Text
·        Identification (identifikasi tentang apakah orang, benda, atau tempat tertentu saja)
·        Description (Deskripsi/gambaran atau bagian-bagian yang menjelaskan identifikasi tersebut)
·        General Classification (klasifikasi atau penggolongan tentang apakah orang, benda, atau tempat tersebut masih bersifat umum?)
·        Description (Deskripsi/gambaran atau bagian-bagian yang menjelaskan klasifikasi tersebut)

 Disamping itu, kedua jenis teks tersebut menggunakan leksikogrammar yang hampir sama. Keduanya menggunkan bentuk verba (kata kerja) simple present (kata kerja kala kini/ waktu sekarang).

 Perbedaannya :
Pada bagian awal Teks Descriptive berupa identification (identifikasi tentang apakah orang, benda, atau tempat tertentu saja). Artinya benda, orang atau tempat dimaksud harus tertentu (dapat ditunjukkan orangnya/bendanya/tempatnya).
Misalnya:
  • My cat (kucingku), hanya mengidentifikasi kucingku, bukan semua kucing.
  • The cat under the bridge (Kucing yang ada di bawah jembatan), hanya mengidentifikasi kucing yang ada di bawah jembatan saja, buka kucing-kucing yang ada di tempat lain.
  •  Ridwan's exotic bird, Anis. (Burung eksotisnya Ridwa, Burung Anis), hanya mengidentifikasi burung eksotis yang dimiliki Ridwan saja yang bernama burung Anis, bukan semua burung eksotis di taman penangkaran burung atau di hutan.
  • Rhoma Irama, the king of dangdut singer (Rhoma Irama, sang raja dangdut), hanya menunjuk kepada satu orang yaitu Rhoma Irama.
  • Indramayu Public Hospital (Rumah Sakit Umum Indramayu), mengidentifikasi pada satu rumah sakit di Indramayu, yaitu RSUD Indramayu.
Bandingkan dengan Teks Report.
Pada bagian awal teks Report berupa general classification (klasifikasi atau penggolongan tentang apakah orang, benda, atau tempat tersebut masih bersifat umum?) Artinya sulit dutunjukkan bendanya, orangnya atau tempatnya, karena masih bersifat umum (masih berupa klasifikasi / golongan).
Misalnya :
A cat.
A cat is a carnivorous animal. It feeds on other small animals. It likes catching mice, lizrds, fish, and so on. (Kucing. Kucing adalah binatang karnivora.  Ia makan hewan kecil lain. Ia suka menangkap tikus, cicak, ikan dll). Kalimat-kalimat di atas tidak bisa mengidentifikasi kepada satu kucing, tetapi kucing pada umumnya, karena semua kucing adalah hewan karnivora, suka menagkap tikus, cicak dll)


House. 
A house is a place to shelter in from extreme temperature, sunheat, etc. It is constructed from floor, wall, door(s) and window(s), and roof. It has some kinds of rooms and kitchen in it. (Rumah. Sebuah rumah adalah tempat untuk berlindung dari suhu ekstrim, terik matahari, dll. tersusun dari lantai, dinding, pintu dan jendela. terdapat beberapa ruang dan dapur di dalamnya). Kalimat-kalimat di atas juga tidak bisa mengidentifikasi kepada satu rumah (rumah siapa?), tetapi rumah secara umum yang pasti memiliki ciri-ciri fisik seperti disebutkan di atas. 









14 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.