Senin, 04 Maret 2013

APAKAH atau APA

APAKAH atau APA

Kebanyakan siswa pemula belajar Bahasa Inggris menemui masalah ketika berhadapan dengan kata untuk menyatakan APA atau APAKAH. Temuan itu hamper dijumpai di kebanyakan sekolah (SD, SMP, atau SMA) yang tingkat penggunaan Bahasa Inggrisnya rendah.

Berikut permasalahan dan pemecahannya:
Fenomena yang dijumpai adalah:
Siswa mengartikan “What” dengan “apakah?” seperti  pada kalimat “What is this?” Mereka  mengartikan “apakah ini?” atau “what do you like?” ia mengartikan “apakah yang kamu sukai?” Kesalahan itu terjadi karena terpengaruh bahasa mereka sehari-hari dimana kata Tanya “APAKAH” sering juga digunakan untuk kata “APA?”. Padahal arti sebenarnya untuk kedua kalimat Tanya di atas adalah “Apa ini?” dan “Apa yang kamu sukai?”.

Kata Tanya “APAKAH” dalam Bahasa Inggris memiliki kata yang khusus, yaitu semua bentuk pertanyaan selain menggunakan kata Tanya “Wh…?” dan “H..w?” (What, who, whom, whose, when, where, why, which, how). Seperti misalnya: Do you..?, Is he..?, Did she..?, Can you..?, Have we …?, Has she …?

Bentuk-bentuk pertanyaan di atas tentu  tepat diartikan “APAKAH?” karena akan dijawab dengan jawaban “YES” atau “NO” yang berarti “ya” atau “tidak”.

Bandingkan !

What do you like? (Apa yang Anda sukai?)
Jawaban yang mungkin : I like the tea (Aku suka teh itu)
Do you like it?  (Apakah Anda menyukainya?)
Jawaban yang mungkin : Yes, I do (ya),  atau No, I don’t (tidak)

Who are you?  (Siapa kamu?)
Jawaban yang mungkin :   I am Susan (Saya Susan)
Are you Susan ?   (Apakah kamu Susan?)
Jawaban yang mungkin : Yes, I am (ya)   atau No, I’m not. I’m Jane (Bukan, saya adalah Jane)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.