Selasa, 27 Maret 2012

5 Kesalahan Utama Yang Pelajar Bahasa Inggris Buat


Alfaqih Warsono

“Top 5 Mistakes English Learners Make"

 (5 Kesalahan Utama Yang Pelajar Bahasa Inggris Buat )




Apa kesalahan paling umum yang para pelajar bahasa Inggris perbuat? Kesalahan mana yang kebanyakan pembelajar bahasa Inggris perlu perbaiki, untuk belajar bahasa Inggris lebih cepat?

Berikut ini adalah  5 Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang top:

1. Fokus Pada Grammar


Ini adalah kesalahan terbesar, paling umum, dan terburuk. Penelitian menunjukkan bahwa studi tata bahasa, pada kenyataannya, sebenarnya melukai kemampuan berbahasa Inggris. Mengapa? Karena tata bahasa Inggris adalah terlalu kompleks untuk dihafal dan digunakan secara logis .... dan percakapan yang sebenarnya jauh terlalu cepat.

Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berpikir, mengingat ratusan atau ribuan aturan tata bahasa, memilih yang benar, anda bisa menggunakannya.


Otak kiri logis Anda tidak bisa melakukannya. Anda harus belajar tata bahasa secara intuitif dan tidak sadar, seperti anak kecil. Caranya dengan mendengar banyak tata bahasa bahasa Inggris yang benar-dan otak Anda secara bertahap dan secara otomatis belajar menggunakan tata bahasa Inggris dengan benar.

2. Memaksa Pidato

Keduanya, siswa bahasa Inggris dan guru, berusaha untuk memaksa pidato pelajar sebelum siap. Hasilnya adalah bahwa sebagian besar siswa berbahasa Inggris dengan perlahan-tanpa kepercayaan dan tidak ada kefasihan. Memaksa pidato adalah kesalahan besar. Jangan memaksa pidato. Fokuslah pada mendengarkan dan bersabar. Berbicara hanya ketika Anda siap untuk berbicara-ketika itu terjadi dengan mudah dan alami. Sampai hal itu, tidak boleh pernah memaksa itu.

3. Belajar Bahasa Inggris Hanya Textbook Formal

Sayangnya, sebagian besar siswa belajar bahasa Inggris hanya bahasa Inggris yang formal ditemukan dalam buku teks dan sekolah. Masalahnya adalah native speakers (penutur asli) tidak menggunakan jenis bahasa Inggris di kebanyakan situasi.

Ketika berbicara kepada teman, keluarga, atau rekan kerja, penutur asli menggunakan bahasa Inggris yg biasa (sehari-hari) yang penuh idiom, frasa kata kerja, dan slang. Untuk berkomunikasi dengan penutur asli, Anda tidak harus bergantung hanya pada buku teks .. Anda harus belajar bahasa Inggris kasual (yg biasa).

4. Mencoba Menjadi Sempurna

Siswa dan guru sering fokus pada kesalahan. Mereka khawatir tentang kesalahan. Mereka membetulkan kesalahan. Mereka merasa gugup tehrhadap kesalahan-kesalahan. Mereka mencoba untuk berbicara dengan sempurna. Bagaimanapun,tidak seorang pun yg  sempurna. Penutur asli membuat kesalahan sepanjang waktu. Anda juga demikian. Alih-alih memfokuskan pada yg negatif, fokuslah pada komunikasi.

Tujuan Anda adalah tidak untuk berbicara "secara sempurna", tujuan Anda adalah untuk mengkomunikasikan ide-ide, informasi, dan perasaan dengan cara yang jelas dan mudah dipahami. Fokuslah pada komunikasi, fokuslah pada hal yang positif. Secara otomatis Anda akan memperbaiki kesalahan Anda pada waktunya.

5. Mengandalkan pada berbahasa Inggris di sekolah

Kebanyakan pelajar Inggris mengandalkan sepenuhnya pada sekolah. Mereka pikir guru dan sekolah bertanggung jawab atas keberhasilannya. Ini selamanya tidak pernah benar. Anda, para pelajar bahasa Inggris, yang harus selalu bertanggung jawab. Seorang guru yang baik dapat membantu, tetapi pada akhirnya Anda harus bertanggung jawab terhadap belajar Anda sendiri.

Anda harus menemukan pelajaran dan material yang efektif. Anda harus mendengarkan dan membaca setiap hari. Anda harus mengelola emosi dan tetap termotivasi dan energik. Anda harus positif dan optimis. Tidak seorang guru pun yang dapat membuat Anda belajar. Hanya Anda yang bisa melakukannya!

Sementara kesalahan-kesalahan ini sangat umum, kabar baiknya adalah bahwa Anda dapat memperbaikinya. Ketika Anda berhenti membuat kesalahan-kesalahan ini, maka berarti Anda telah mengubah cara Anda belajar bahasa Inggris. Anda belajar lebih cepat. Bicara Anda membaik. Anda senang belajar bahasa Inggris.


Semoga sukses ... Anda bisa melakukannya!

Dikompilasi  dari:
Kristin Dodds, Joe Weiss, & AJ Hoge
http://www.LearnRealEnglish.com






Penerjemah:
Alfaqih Warsono
SMPN 1 Sindang Kab. Indramayu


Teks aslinya :

What are the most common mistakes that English learners make? Which mistakes do most English learners need to correct, in order to learn English much faster?
Here are the top 5 English Learning Mistakes:

1. Focusing On Grammar

This is the biggest, most common, and worst mistake. Research shows that grammar study, in fact, actually hurts English speaking ability. Why? Because English grammar is simply too complex to memorize and use logically.... and real conversation is much too fast.

You don't have enough time to think, remember hundreds or thousands of grammar rules, choose the correct one, then use it.
Your logical left-brain cannot do it. You must learn grammar intuitively and unconsciously, like a child. You do this by hearing a lot of correct English grammar- and your brain gradually and automatically learns to use English grammar correctly.

2. Forcing Speech

Both English students and teachers try to force speech before the learner is ready. The result is that most students speak English very slowly- with no confidence and no fluency. Forcing speech is a huge mistake. Don't force speech. Focus on listening and be patient. Speak only when you are ready to speak- when it happens easily and naturally. Until then, never force it.

3. Learning Only Formal Textbook English

Unfortunately, most English students learn only the formal English found in textbooks and schools. The problem is- native speakers don't use that kind of English in most situations.

When speaking to friends, family, or co-workers, native speakers use casual English that is full of idioms, phrasal verbs, and slang. To communicate with native speakers, you must not rely only on textbooks.. you must learn casual English.

4. Trying To Be Perfect

Students and teachers often focus on mistakes. They worry about mistakes. They correct mistakes. They feel nervous about mistakes. They try to speak perfectly. No one, however, is perfect. Native speakers make mistakes all the time. You will too. Instead of focusing on the negative- focus on communication.

Your goal is not to speak "perfectly", your goal is to communicate ideas, information, and feelings in a clear and understandable way. Focus on communication,focus on the positive. You will automatically improve your mistakes in time :P

5. Relying On English Schools

Most English learners rely totally on schools. They think the teacher and the school are responsible for their success. This is never true. You, the English learner, are always responsible. A good teacher can help, but ultimately you must be responsible for your own learning.

You must find lessons and material that are effective. You must listen and read every day. You must manage your emotions and remain motivated and energetic. You must be positive and optimistic. No teacher can make you learn. Only you can do it!
While these mistakes are very common, the good news is that you can correct them. When you stop making these mistakes, you change the way you learn English. You learn faster. Your speaking improves. You enjoy learning English.
Good luck... you can do it!



2 komentar:

  1. saya sedang melakukan penelitian dan ingin mengangkat masalah speaking, menurut anda, kesalahan paling fatal dalam speaking in english yang perlu di angkat, diteliti dan diberikan solusinya apa ya? terimakasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah dalam konteks "English Speaking" sebenarnya banyak. Anda bisa mengangkatnya dalam masalah penelitian Anda. Penelitaian yang lebih relevan adalah Qualitative Research, meskipun jenis Quantitative Research juga dapat diterapkan.

      Diantara masalah speaking yg dapat Anda angkat, misalnya:
      1. Poor pronunciation (lemahnya penguasaan pelafalan). padahal lemahnya pelafalan berakibat fatal karena bisa menyebabkan disambigu (pemaknaan ganda) ataupun misunderstanding (kesalahpahaman makna/maksud) penutur

      2. Poor intonation (lemahnya penguasaan intonasi). Ini pun dapat menyebabkan salah paham. Sebuah kata "Book", misalnya, jika menggunakan intonasi menurun berarti menyatakan "buku", namun jika dg intonasi naik, berati ragu atau bertanya, "Book?" Ini bisa dijawab : Yes, (sure).

      3. Encouragement (keberanian) of speaking.
      4. Speed of speaking
      5. cross cultural understanding (pemahaman lintas budaya) antara budaya kita dg budaya penutur asli bahasa Inggris juga bisa berpeangaruh kepada lancarnya speaking tersebut (meskipun tidak terlalu fatal).
      6. dan lain-lain (masih banyak)
      semoga bermanfaat

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.