Selasa, 27 Maret 2012

Jangan Tumpuk Segudang Ketidakmengertian Belajar Bahasa Inggris

Alfaqih Warsono

Di Indonesia, terutama di kampung/pelosok, para pembelajar bahasa Inggris, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA, umumnya mengalami kendala dalam belajar bahasa Inggris oleh karena mereka ragu dan bahkan malu untuk bertanya, dan mengkomunikasikan permasalahan yang dihadapi dalam belajar Bahasa Inggris. Mereka hanya menumpuk rasa penasarannya sampai berhari-hari. Mereka sebenarnya hanya menunggu ketidakmengertiannya itu mencapai terakumulasi (terkumpul menghawatirkan).

Berangkat dari fenomena tersebut, marilah kita (para pelajar bahasa Inggris) mengubah mindset (pola pikir) kita. Sesuatu yang kita tidak paham, dijadikan bahan untuk berkomunikasi. Awalilah dengan sesama teman melalui obrola-obrlan kecil dengan dan tentang bahasa Inggris. Gunakan kata-kata yang mudah dan sering diucapkan, tambahkan dengan kata-kata lain untuk mengembangkannya. Mintalah teman yang lebih bagus Bahasa Inggrisnya untuk bekerja sama.

Perluaslah jaringan komunikasi dengan teman di kelas lain, dan dengan guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas Anda. Kembangkan dengan mencoba berkomunikasi kecil dalam bahasa Inggris dengan guru Bahasa Inggris lain (yang mengajar di kelas lain). Dahulukan komunikasi dalam suasana santai, sewaktu istirahat.

Berikut contoh obrolah kecil dengan teman sekelas:
"Din, what will you do after school?" ( "Din, habis sekolah ngapain?")
"Well, to Tari's home. She asked me to accompany her to Salemba. Perhaps she wants to buy book" ("Paling, ke Tari. Katanya sih mau nemenin ke itu...salemba. Beli buku kali")
"Why do you ask so?" ("Emang kenapa?)
"No. But if you are free, I'd like to ask you to enjoy my mom's rujak" ("Nggak. Kalau nganggur ke rumah, saya ada rujak buatan ibu")
"I'd love to. Please wait for me at about 4pm" ("Entar aja habis dari Salemba, sekitar jam 4an")
dst.

Cobalah percakapan kecil lain, pasti kamu bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.