Minggu, 03 Agustus 2014

KESALAHAN MENULIS KALIMAT BAHASA INGGRIS DAN CARA KOREKSINYA



Alfaqih Warsono

Perhatikan yang digarisbawahi
Kesalahan 1

-          I am study Engslih.   (saya belajar Bahasa Inggris)
Kata to be am tidak bisa beriringan dengan kata kerja infinitve study, karena keduanya adalah predikat berbentuk infinitive. Silahkan pilih salah satu saja, Anda boleh menulis:
I study English.  (saya belajar Bahasa Inggris)  Atau
I am an English man. (saya adalah orang Inggris)

Kesalahan 2

-          To Mr. Nono, my teacher English.  (=kepada Pak Nono, Guru Bahasa Inggris saya)
Kalimat di atas biasanya ditulis di surat/amplop surat. Mungkin bingung ketika hendak menggabung kata-kata tanpa kata kerja, seperti teacher  dan English dan my. Susunan kata-kata (phrase) tanpa kata kerja akan membentuk frasa adjektiva (adjective phrase). Namanya juga adjectives (kata sifat), maka susunannya akan terbalik. Cara membalik susunannya harus mengikuti aturan bahwa kata inti (biasanya kata benda atau kata yang utama dari kelompok kata benda) berada di bagian akhir usunan tersebut.
Frasa:  my teacher English. [my=saya, teacher=guru, Englsih= bahasa Inggris]. Kata benda utamanya adalah GURU, maka kata teacher akan berada di bagian akhir. Kata MY [saya] adalah kepunyaan menempati urutan pertama, jadi frasa yang benar menjadi : My English teacher.
~ to Mr. Nono, my English teacher (=kepada Pak Nono, Guru Bahasa Inggris saya)

Kesalahan 3

-          I am will to go to Jakarta. (saya akan pergi ke Jakarta)
Pada kalimat di atas terdapat tiga kesalahan/kerancuan penggunaan predikat. Perlu diketahui bahwa pada predikat kalimat memiliki aturan sbb:
1.      Predikat berbentuk kata kerja (verb)
2.      Kata kerja bisa didahului bentuk modals (can, will, shall, may, must, could, would, should, might) sedang kata kerjanya tidak berimbuhan.
3.      Jika kata kerja berakhiran ~ing, maka didahului bentuk to be. (is, am, are, was, were, be, been)
4.      Jika tidak terdapat kata kerja, maka menggunakan kata bantu bentuk to be.
Sehingga, Anda bisa menulis:
~ I am in Jakarta (catt.: predikat tidak menggunakan kata kerja [in Jakarta])
~ I will go to Jakarta (catt. :  modal will diikuti kata kerja go tanpa imbuhan termasuk imbuhan to)
~ I go to Jakarta  (catt. : kata kerja go menempati predikat, jadi tidak perlu imbuhan to atau kata bantu am)

 Kesalahan 4
-          Father I is driver angkot.  (ayah saya seorang supir angkot)
Penulis kalimat tersebut kesulitan menulis kata SAYA (sebagai bentuk kata ganti kepunyaan dan sebagai bentuk kata ganti subjek), juga kesulitan menggabung frasa driver  dan  angkot.
Kata SAYA, jika bermakna sebagai subjek maka menggunakan kata “I”, tetapi jika bermakna kepunyaan, maka menggunakan kata “my”, berikut selengkapnya (lihat table)
Subject
To be
Object
Kepunyaan
+Benda
Kepunyaan
Arti
I
Am
Me
My …
Mine
Saya
You
Are
You
Your …
Yours
Kamu
We
Are
Us
Our …
Ours
Kami
He
Is
Him
His …
His
Dia lk
She
Is
Her
Her …
Hers
Dia pr
It
Is
It
Its …
-
Dia (benda)
They
are
Them
Their …
Theirs
mereka
Subjek kalimat di atas adalah father dg mendapat kata kepunyaan my, sehingga subjeknya my father. My father setara dengan subjek he (dial k), sehingga to be nya “is”. Frasa driver angkot, karena tidak ada kata kerja, maka susunannya dibalik menjadi angkot driver (city-transport driver). Oleh karena bapak saya hanya satu, maka supir angkotnya pun satu, perlu didahului kata “a/an” (seorang). Sehingga lengkapnya menjadi:
My father is an angkot driver.  (ayah saya seorang supir angkot)

Kesalahan 5
-          My house is 5 (five) numbers.  (rumah saya nomor 5)
Penulis kalimat di atas kesulitan menulis angka yang dirangkai dengan kata benda.
Perhatikan table perbedaan makna frasa angka-benda.
Frasa
Makna
One book
Satu (sebuah) buku
Book one
Buku (ke-/jilid) 1
Five numbers
Lima nomor
Number Five
Nomor lima

Jadi mungkin maksudnya adalah :
My house is number 5 (five) (rumah saya nomor 5)

Kesalahan 6
-          Where  Siti?   Her  sick, mother.   (Mana Siti?    Dia sakit, Bu)
Kalimat Tanya akan membalikkan subjek kalimat dengan kata bantunya, dan kata bantu Siti (She) adalah “is”, jadi kalimat Tanya itu adalah : Where is Siti?
Kata ganti Siti adalah “she” bukan “her” (lihat table kesalahan 4 di atas) dan karena kata “sick” (sakit) adalah kata sifat bukan katra kerja, maka menggunakan kata bantu to be “is” (lihat table kesalahan 4 di atas). Kemudian kata sapaan yang berarti “Bu” (bukan ibu kandung) akan menggunakan kata “ma’am” atau “madam” bukan “mother” atau “mom”.
Jadi seharusnya berbunyi :
Where is Siti? She is sick, Ma’am.  (Mana Siti?    Dia sakit, Bu)

Kesalahan lain menyusul (menunggu kasus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.