Sabtu, 28 Mei 2011

Latihan Soal : Comparative dan Superlative (2)

Alfaqih Warsono

1. Joe is than Ed.

a. short b. shorter c. shortest d. more short e. most short

Diketahui soal di atas menggunakan “than” (dari pada) berarti soal ini berbentuk Comparative (perbandingan 2 hal). Kata sifat (adjective) yang diberikan adalah “short”, dimana merupakan adjective dengan 1 suku kata lebih dari 1 vokal atau konsonan di bagian akhirnya, maka aturannya adalah tambahkan “-er” di belakangnya. Jadi comparative yang benar adalah : shorter. (b)

2. Ed is the.

a. thin b. thinner c. thinnest d. more thin e. most thin

Diketahui soal di atas menggunakan “the” berarti soal ini berbentuk Superlative (perbandingan lebih dari 2 hal). Kata sifat (adjective) yang diberikan adalah “thin”, dimana merupakan adjective hanya 1 suku kata dengan 1 vokal dan 1 konsonan di bagian akhirnya, maka aturannya adalah gandakan konsonannya, lalu tambahkan “-est” di belakangnya. Jadi superlative yang benar adalah : thinnest. (c)

3. Al has the …clothes.

a. colourful b colourfuller c. colourfullest

d. more colourful e. most colourful

Diketahui soal di atas menggunakan “the …” berarti soal ini berbentuk Superlative (perbandingan lebih dari 2 hal). Kata sifat (adjective) yang diberikan adalah “colourful”, dimana merupakan adjective 2 suku kata atau lebih (co-lour-ful), tidak berkahir dengan “y”, maka aturannya adalah gunakan kata “most” sebelum kata sifatnya. Jadi superlative yang benar adalah : most colourful (e).

4. . Joe is ……than Ed.

a. energetic b. energeticer c. energeticest d. more energetic e. most energetic

Diketahui soal di atas menggunakan “than” berarti soal ini berbentuk Comparative (perbandingan 2 hal). Kata sifat (adjective) yang diberikan adalah “energetic”, dimana merupakan adjective 2 suku kata atau lebih (e-ner-get-ic), tidak berkahir dengan “y”, maka aturannya adalah gunakan kata “more” sebelum kata sifatnya. Jadi comparative yang benar adalah : more energetic (d)

5. To count number from 1 to 30 is easy, but number 1 to 10 is …

a. easier b. easiest more easy d. most easy

Diketahui soal di atas menggunakan kata “but”, dan kata “but” bisa dipakai dalam kalimat Comparative ataupun Superlative. Yang membedakan adalah jumlah hal yang dibandingkannya, jika hanya membandingkan 2 hal berarti comparative, jika lebih berarti superlative. Karena soal di atas hanya membandingkan 2 hal, yaitu ‘to count number 1 to 30’ dan “to count number 1 to 10”, jadi berbentuk comparative, meskipun tidak menggunakan kata “than”. Sementara adjective yang digunakan adalah “easy” yang merupakan adjective 1 suku kata berakhiran “y”, maka aturannya adalah ubah huruf “y” mendaji “i” kemudian tambahkan “-er”. Jadi jawabannya adalah : easier. (a)


Kembali ke PENJELASN UMUM bab ini.

Melihat Latihan Soal (1)

Teruskan dengan LATIHAN SOAL berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.