Jumat, 04 November 2011

Descriptive and Report Texts (Deskriptif dan Report)

AlFaqih Warsono

Descirptive Text adalah teks yang berfungsi untuk mendeskripsikan orang, tempat, atau benda tertentu. Jadi fokus yang dibicarakannya sangat khusus, bukan masih umum. Untuk keperluan ini, maka diperlukan identifikasi terhadap orang, tempat atau benda tertentu itu, untuk diketahui apakah hanya satu-satunya ataukah masih ada yang lain. Kalau hanya satu-satunya, maka itulah descriptive text, namun jika masih ada yang lain atau masih bersifat umum, itu adalah Report text.

Report Text adalah seperti halnya descriptive, yaitu berfungsi untuk mendeskripsikan orang, tempat, atau benda, hanya saja masih bersifat umum. Artinya fokus yang dibicarakan bukan hanya satu-satunya, tetapi masih ada yang lain. Untuk keprluan ini, maka diperlukan klasifikasi (penggolongan) umum terhadap fokus yang dibicarakan itu.


Berikut adalah generic structure untuk keduanya:

Descriptive Text
Report Text
1.      Identification (identifikasi, yaitu mencari tahu / mengenali siapa orang tersebut, apa tempat atau benda yang dimaksud). Dengan kata lain mengidentifikasi fenomena yang akan dideskripsikan.
2.      Description, yaitu uraian deskripsi atau gambarannya seperti apa. Yang digambarkan adalah berupa bagia-bagian khusus, derajatnya, dam sifat-sifatnya. Biasanya berupa uraian rinci tentang bagian yang ada padanya termasuk sifat-sifatnya.
1.      General Classification (klasifikasi umum, yaitu menggolongkan atau menentukan secara umum termasuk kepada golongan mana.
2.      Description, yaitu uraian deskripsi atau gambarannya seperti apa. Yang digambarkan adalah berupa bagia-bagian yang umum ada padanya, derajatnya, dam sifat-sifatnya. Biasanya berupa uraian umum.

Bandingkan kedua contoh berikut:

A cat is a carnivorous animal. 
It is also a domestic animal. It's people's friend and stays at home. Some cats stay in the forest. They are wild. 
A cat has four legs. Its body is full of fur. It has moustache. If hungry, it says "Meow".


Mario has a cat. It is very funny. He names it "si Belang". The cat is his friend when he is at home. 
Every day it plays with some balls under the table. When Mario watches TV it joins him.
 The cat's fur is very nice. It is white clean. The head, legs, eyes, tail and mouth are clean. The moustache is long and beautiful. If hungry, si Belang says "meow". Mario likes it very much.

Kedua teks di atas memiliki perbedaan meskipun keduanya berbicara tentang kucing.. Teks yang pertama mndeskripsikan "kucing" secara umum. "Kucing adalah hewan karnivora". Di sini, tidak menyebutkan kucing yang mana, kucing siapa,. karena semua kucing adalah hewan karnivora (pemakan daging). Bandingkan dengan teks kedua,. "Mario punya seekor kucing, sangat lucu. Dia memberinya nama si Belang". Ini menunjukan kekhususan kucing, yaitu, kucing miliki Mario saja yang dibicarakan, bukan semua kucing.
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.