Jumat, 04 November 2011

RECOUNT TEXT

Al Faqih Warsono

Recount text adalah teks yang menceritakan kejadian, pengalaman atau peristiwa yang telah terjadi pada waktu yang lampau. Berbeda dengan Narrative text yang waktunya tidak jelas di masa lalunya, dalam teks recount, waktunya jelas, misalnya : yesterday (kemarin), Last week (minggu lalu), two years ago (2 tahun lalu), last January (Januari lalu), in 1995 (pada tahun 1995), dll.

Generic structure Recount text adalah :
  1. Orientation, yaitu sebagai pendahuluan, untuk mengenali waktu tertentu di masa lalunya, character (tokoh) yang bercerita, tempat yang gunakan. Jadi Orientation biasanya menyebut: setting character (tokoh), time (waktu), dan place (tempat) kejadian.
  2. Events, yaitu menyebutkan peristiwa yang terjadi dalam cerita itu. Even (peristiwa) bisa sedikit juga bisa banyak tergantung peristiwanya yang terjadi. Sehingga bisa terjadi:
    • event 1
    • event 2
    • event 3,
    • dst.
     
Ciri-cirnya Recount text:
  1. Waktunya disebut secara spesifik
  2. Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk lampau (kata kerja ke-2) dalam daftar kata kerja di kamus.
  3. Ceritanya nyata, karenma berbentuk pengalaman, kejadian

Contoh:

Last year I left New Zealand for Bunaken island. I went there with a group of New Zealand divers. Gettinh there was not quite easy.
Soon after our arrival at Bunaken, we got a general briefinmg. It included a description about how to take pictures under water.
Then, we began our diving. In our diving, we saw groups of tiny fish. In order to identify them, we need a good guide. Without some knowledge of their habitat and behavior, it was difficult to identify.

Keterangan:
Ciri Recout 1 adalah :
waktu spesifiknya (lihat yang diberi warna hijau).
Kata kerja lampau digunakan sebagai peristiwa yang dialamai si penulis (kata "I").

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.