Selasa, 04 Juni 2013

Irregular Verbs (Kata Kerja Tidak Beraturan)

Alfaqih Warsono




The only rule is that there are no rules for the spelling of irregular verbs, they have to be learnt.

Demikian kata orang Inggris. Jadi TIDAK ada aturan yang baku untuk ejaan IRREGUALR VERBS (kata kerja tidak beraturan). Namanya juga tidak beraturan, ya tidak ada aturan yang berlaku bagi semua kata irregular verb. Oleh karena itu ya harus DIHAPALKAN. (Silahkan hapalkan bentuk kata kerja ke-1 (kini), ke-2 (lampau), atau ke-3 (bentuk sempurna) di kamus atau table daftar kata kerja tidak beraturan. 

Demikian juga REGULAR VERBS (kata kerja beraturan), meski berlaku untuk semua kata kerja golongan ini, tetapi tetap harus dihapalkan juga. Mengapa? Karena kata kerja (VERBS) akan menentukan lancarnya berbahasa Inggris. Pasti akan selalu digunakan, meski tidak semua sesuai dengan situasinya. Namun pada akhirnya akan bertemu juga dengan kata-kata kerja tersebut. Percayalah!!

For example:
Contoh (untuk kata kerja tidak beraturan):
           
“To run”
Penjelasan Tense-nya
I run every day.
Aku lari setiap hari
Present Simple
Kata run (kata kerja ke-1) dipakai untuk menunjukkan bahwa lari dilakukan setiap hari (bersifat rutin)
Sukri runs every day.
Aku lari setiap hari
Present Simple

Kata runs (kata kerja ke-1+”s”) dipakai untuk menunjukkan bahwa lari dilakukan setiap hari (bersifat rutin). Huruf “s” setelah run merujuk pada kata “is” yang ada setelah Sukri, karena kata ganti Sukri adalah “He” yang memiliki kata bantu  “is”. Berbeda dengan “I run” tidak ditambah huruf “s” karena kata “I” kata bantunya adalah “am” bukan “is”. Cara mudah menghapalkannya ialah ketika subjek kalimat memiliki kata bantu “is”, maka jika memiliki predikat kata kerja, kata kerja tersebut ditambah “s”. Sedangkan subjek kalimat yang kata bantunya “am” atau “are”, maka jika memiliki predikat kata kerja, kata kerja tersebut tidak ditambah “s” di belakangnya

I am running.  (now)
Aku sedang lari (sekarang)

Susi is riding a bike
Susi sedang mengendarai sepeda

I and Susi are playing marbles
Aku dan Susi sedang bermain kelereng
Present Progressive/Continuous

Kata bantu, baik “is”, “am” atau “are”, jika diikuti kata kerja dalam predikatnya, maka kata kerja tersebut diikuti akhiran “ing” yang berarti sedang berlangsung (pada waktu berbicara).

Mengapa “I and Susi” menggunakan kata bantu “are”? Ya, Karena “I and Susi” berarti orangnya berjumlah lebih dari satu, dalam Bahasa Inggris berarti plural (jamak) yang dapat diganti dengan “we” (kami), dan kata “we” memiliki kata bantu predikat “are”

I have run twice so far today.
Aku( telah) berlari dua kali sampai hari ini
Present Perfect Simple

Kata “run” di isini adalah bentuk kata kerja ke-3 yang bentuknya sama dengan kata kerja ke-1. Salah satu ciri bahwa “run” tersebut kata kerja ke-1 adalah didahuli oleh kata bantu “have/has/had” (telah sempurna).

I have been running for 2 hours.
Aku tengah sedang  berlari selama 2 jam
Present Perfect Progressive/Continuous

Kata “running” (run + ing) terjadi karena didahului kata bantu (to be) (lihat penjelasan di atas). Sedangkan kata “have” (telah) yang diikuti kata kerja ke-3 ditunjukkan dengan “have been”, dimana “been” adalah kata kerja ke-3 dari kata “be”, “was/were”, dan “been”.

I ran yesterday.
Aku berlari kemarin

Susi ran yesterday
Susi berlari kemarin

I and Susi ran yesterday
Aku dan Susi berlari kemarin
Past Simple

Kata “ran” adalah bentuk kata kerja ke-2 (lampau). Kata ini adalah bentuk tidak beraturan (irregular). Kata kerja kedua tidak akan berpengaruh pada perbedaan subjek kalimatnya (tidak seperti pada kata kerja ke-1) (lihat penjeasan di atas). Sehingga Susi yang berkata bantu “is” dan “I and Susi” yang berkata bantu “are” tetap menggunakan kata kerja “ran” sebagai predikatnya.

I was running yesterday when I saw a bear.
Aku sedang berlari kemarin ketika aku lihat seekor beruang
Past Progressive/Continuous

Kata “was” adalah bentuk lampau dari kata “is” atau “am”, sehingga ketika diikuti kata kerja, maka ditambah akhiran “ing” yang berarti “sedang”. (lihat penjelasan di atas), hanya saja di sini menunjukkan “sedang” pada waktu lampau (bukan sekarang). Kaitannya dengan “I saw” yang tidak menggunakan “I was” adalah menunjukkan perbedaan urutan kejadian yang ditunjukkan dengan kata “when” (ketika). 

“I was running [aku sedang berlari]” menunjukkan lebih awal dilakukan oleh “si Aku” sebelum kemudian “si Aku” melihat beruang (I saw a bear). Jadi “Aku melihat beruang” terjadi kemudian setelah “Aku berlari”

I had run for five miles by the time I got home.
Aku telah berlari sejauh 5 mil sebelum aku sampai ke rumah
Past Perfect Simple

Hampir sama tenses-nya dengan “ I have run” yang menunjukkan “telah sempurna di waktu kini, (spt penjelasan di atas). Hanya saja pada “I had run” menunjukkan “telah sempurna di waktu lampau, karena kata “had” adalah bentuk lampau dari “have”
.
Frase “ by the time| berarti “sebelum”. “had run” dan “got home” keduanya terjadi di waktu lampau tidak sedang berlangsung

I had been running for 2 hours when I saw the bear.
Aku tengah sedang berlari selama 2 jam ketika aku melihat beruang itu
Past Perfect Progressive/Continuous

Hampir sama tenses-nya dengan “I have been running” (tengah sedang berlari), yang terjadi di waktu kini. “I had been running” (aku tengah sedang berlari) terjadi di waktu lampau yang ditunjukkan dengan kata “had” yang merupakan bentuk lampau dari “have”

I will go for a run tomorrow.
Aku akan pergi berlari besok
Future Simple

Kata “run” digunakan dlm bentuk kata benda yang dirangkai dengan frase “go for a run” (pergi berlari) yang digunakan setelah “will” (akan) yang berarti belum dilaksanakan/terjadi

I am running tomorrow.
Aku akan berlari besok
Future Progressive/Continuous

Berbeda dengan “I am running” (aku  sedang berlari) seperti dijelaskan di atas, “I am running” di sini bukan untuk menunjukkan sedang berlangsung sekarang, tetapi sedang berlangsung pada waktu yang akan datang (besok).

I will have already gone for a run by the time I meet my friends.
Aku akan telah pergi berlari sebelum aku bertemu teman-temanku
Future Perfect Simple

Kata “run” dalam bentuk kata benda yang dirangkai dengan kata kerja go (lihat penjelasan di atas). Kata “go” (pergi) digunakan bentuk ke-3 (gone) karena setelah kata bantu “have/has/had” (lihat penjelasan di atas tentang  “have”)

I will have been running for 2 hours by the time I meet my friends.
Aku akan telah sedang berlari selama 2 jam sebelum aku bertemu teman-temanku
Future Perfect Progressive

“Running” adalah kata kerja ke-1 diikuti “ing” karena didahului kata bantu “to be” yaitu “been”.  Kata “been” adalah kata kerja bentuk ke-3 karena didahului “have”, dan kata “have” adalah kata kerja ke-1 karena didahului kata modals (will).  Kata “have” dan “been” yang asalnya merupakan kata kerja, di sini berfungsi sebagai kata bantu (akan telah sedang).


2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.