Selasa, 04 Juni 2013

RINCIAN PENGGUNAAN KATA KERJA (VERBA) BAHASA INGGRIS DALAM KONTEKS KALIMAT

Alfaqih Warsono




Anda akan diajak untuk menganalisa Kata kerja (verb) dan pemakaiannya dalam konteks kalimat. Tenses (kala waktu) yang berbeda akan menggunakan bentuk / infleksi kata kerja yang berbeda pula. Perbedaan tersebut tentu akan berpengaruh pada perbedaan arti/makna.  Berikut table pemakaiannya.
Regular verb “WALK” (Berjalan kaki)

Bentuk dan posisi Verba (Kata Kerja)
Tenses dan Jenis pemakaian
To walk
Berjalan (kaki)
Base Form (bentuk verba dasar)
I walk every day.
Aku berjalan (kaki) setiap hari
Present Simple (pemakaian waktu sekarang tidak sedang berlangsung)
I am walking.  (now)
Aku sedang berjalan (kaki) (sekarang)
Present Progressive/Continuous (pemakaian waktu sekarang sedang berlangsung)
I have walked twice so far today.
Aku telah berjalan (kaki) dua kali sampai hari ini
Present Perfect Simple  (pemakaian waktu sekarang telah selesai)
I have been walking for 2 hours.
Aku tengah sedang berjalan (kaki) selama 2 jam
Present Perfect Progressive/Continuous (pemakaian waktu sekarang telah sedang dilakukan, biasanya disebut rentang waktunya: sejak (seince) /selama (for))
I walked yesterday.
Aku berjalan (kaki) kemarin
Past Simple (pemakaian waktu lampau tidak sedang berlangsung)
I was walking yesterday when I saw a bear.
Aku sedang berjalan (kaki) kemarin ketika aku melihat seekor beruang
Past Progressive/Continuous  (pemakaian waktu lampau sedang berlangsung)
I had walked for five miles by the time I got home.
Aku telah berjalan (kaki) sejauh 2 mil sebelum aku sampai ke rumah)
Past Perfect Simple   (pemakaian waktu lampau telah selesai)
I had been walking for 2 hours when I saw the bear.
Aku tengah sedang berjalan (kaki) ketika aku melihat beruang tersebut
Past Perfect Progressive/Continuous  (pemakaian waktu lampau telah sedang dilakukan, biasanya disebut rentang waktunya: sejak (seince) /selama (for))
I will go for a walk tomorrow.
Aku akan pergi berjalan-jalan besok
Future Simple   (pemakaian waktu yang akan datang tidak sedang berlangsung)
I am walking tomorrow.
Aku akan berjalan (kaki) besok
Future Progressive/Continuous   (pemakaian waktu yang akan datang sedang berlangsung)
I will have already gone for a walk by the time I meet my friends.
Aku akan telah pergi berjalan-jalan sebelum aku bertemu teman-temanku
Future Perfect Simple  (pemakaian waktu yang akan datang telah selesai)
I will have been walking for 2 hours by the time I meet my friends.
Aku akan tengah sedang berjalan (kaki) selama 2 jam sebelum aku bertemu teman-temanku.
Future Perfect Progressive    (pemakaian waktu yang akan datang telah sedang dilakukan)
** Penjelasan tenses-nya silahkan lihat di Irregular Verbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.